TERTINGGAL.TANGGAL

“Assalamualaikum, Kak. Saya nak check gas.”
“Lho? Bukannya tanggal 3 ya, Bang?”
“Hari ini dah 3 hari bulan, Kak.”
“Lho? Bukan esok?”
“Hari ni saya check this building, Kak. Dapat surat tak?”
“Dapat. Tapi 3 hari bulan. Esok, kan?”
“Kak, ni hari dah 3 hari bulan.”
“Ha? Ya ke?”

Masak hari ini udah tanggal 3 Januari, sih?

Sebagai Aries sejati, rasanya kurang afdol kalau mulut ini tak menggelontorkan sejumlah “eyelan” atau seperti biasa, wajib ngotot duluan.

Dengan wajah was-was kuawasi lelaki itu masuk ke dapur untuk mengecek pipa gas, lalu dengan kening yang mengkerut kuhujani ia dengan sejumlah pertanyaan. Kenapa begini, kenapa begitu. Masih dengan pikiran bahwa tak mungkin hari ini sudah tanggal 3.

Ketika sosial media bertaburan postingan tentang kemeriahan tahun baru, serunya sekolah baru, hingga seragam baru, spring cleaning menjadi agendaku. Sampai tak sadar sudah sampai di tahun yang baru.

Entah sudah berapa bungkus plastik hitam besar turun ke void deck atau masuk ke tempat sampah berukuran raksasa, di bawah blok apartemenku. Pasti yang menemukan plastik-plastik hitam itu bersorak gembira bak berjumpa harta karun. Belum lagi yang nanti menemukan sebuah meja belajar yang masih dalam kondisi baik, dan beberapa barang yang juga masih layak pakai.

Spring cleaning memang sudah jadi agenda tetap setiap tahun baru. Memutar sofa, tempat tidur dan mengganti beberapa barang, rasanya membuat tahun baru jadi benar-benar baru. Fresh, seperti pindah rumah baru.

Mungkin seperti pertemanan. People come and go. Beberapa menghilang atau sengaja dihilangkan. Bukan … bukan karena benci atau sudah tak ingin berteman. Tapi, hati dan jiwa ini juga butuh asupan yang darinya dapat kuambil pelajaran, serta semua hal baik tentang kehidupan.

Jadi, spring cleaning is still on going. Tapi, sebentar … biar kuluruskan punggung renta ini lima menitan. Karena turun naik tangga serta mengangkat barang-barang itu, lumayan menyebabkan boyokan.

Jangan lupa, hari ini sudah tanggal tiga.

Love,
Rere

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: