•• Tahun Baru. Baru Tahu ••

“BUNDAA!”
“BUNDAAA!”
“BUNDAA PLEASE PICK UP!”

Begitu tampilan yang muncul dari pesan singkat yang mampir pada jam tangan, yang terhubung dengan ponsel di atas meja. Ponsel yang tentu saja, ketika sedang mengajar di depan kelas, tidak terbawa ke mana-mana. Kilas kegiatan yang berlangsung di dalamnya hanya nampak dari jam, yang memang selalu melekat di pergelangan.

Pesan singkat itu dikirim oleh si tengah yang kebingungan ketika diberi tugas memasak sendirian. Tugas dapur sebenarnya sudah biasa ia kerjakan, termasuk memasak, namun selalu dalam pengawasan. Hingga urusan icip-icip membuatnya tenang. Namun hari itu, tidak demikian. Petugas icip-icip tidak berada di rumah hingga kakak adik ini yang harus mengira-ngira, bagaimana rasa masakan yang sesungguhnya.

Mengakhiri tahun 2021 kemarin, memang banyak hal terjadi dalam rumah kami. Beberapa hal butuh penyesuaian dan tentu saja perubahan.

Gadis-gadis kecil yang beranjak remaja, harus siap menangani urusan rumah tangga, lebih banyak dari sebelumnya. Si bujang kecil juga harus belajar untuk bisa duduk tenang dan lebih mandiri dari biasanya. Boss besar juga mau tidak mau harus terlibat lebih banyak lagi dengan urusan rumah tangga sehari-hari.

Semua perubahan ini terjadi karena si “kaset rusak” yang biasa teriak-teriak, telah mulai menemukan “constructive outlet” barunya di luar rumah. Rasanya sih, para penghuni lainnya justru kegirangan karena rumah menjadi lebih damai, tanpa teriakan khas si Tarzan perempuan.

Beruntung, kesibukan baru ini membuat si kaset rusak pun pulang dalam kelelahan sangat. Jadi, kedamaian di rumah sudah dimulai sejak pagi hingga menjelang malam hari. Senang pasti.

Tahun baru ini nyatanya memang membuat semua “makjegagig” bangun dan baru tahu. Bahwa pekerjaan rumah tangga itu ternyata “never ending” alias tak berujung.

Tahun baru ini yang jelas membuat si kaset rusak tak lagi lasak, karena energi yang dimilikinya akhirnya bisa tersalur tanpa membuat nafas yang lain sesak. Biasanya kan, ia suka teriak dan menghiasi rumah dengan segala bentuk bentak. Tapi, mereka pasti rindu. Silahkan mengaku! 😌

Untukmu … di awal tahun 2022, apa yang baru dan baru tahu?

Love,
Rere

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: