ENOLA HOLMES


ENOLA HOLMES

Film dengan tokoh perempuan yang tangguh, jagoan, dan berani memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi saya.

Beberapa serial yang bercerita tentang seorang perempuan jagoan, rela saya tonton meski puluhan seri banyaknya. Sebut saja Supergirl. Mata perih pun tak saya rasa demi menonton aksinya membabat para penjahat. Tak sabar rasanya menunggu kelanjutan serial si gadis besi berjubah merah.

Dulu sekali, Xena adalah serial favorit saya jaman rikiplik. Sambil menonton, saya akan berkhayal melakukan pertarungan dengan para tokoh jahat. Xena juga yang membuat saya mempelajari bela diri. Walaupun belum lagi berubah sakti, tubuh ringkih saya sudah tergeletak sakit.

Hari ini saya menonton sebuah film baru di Netflix. Enola Holmes. Holmes? Yep. Enola adalah adik bungsu Sherlock Holmes. Sang detektif terkenal, yang diperankan oleh si Superman ganteng berdagu belah, Henry Cavill.

Film yang sangat menarik buat saya. Karena Enola diceritakan menentang stereotype perempuan di masa itu. Ia yang seharusnya berlaku santun, dan mampu melakukan pekerjaan layaknya perempuan, malah dibesarkan bak seorang jagoan.

Ia tidak bisa membordir kain atau baju, tapi bisa menendang musuh dengan Jiujitsu. Ia tidak bisa duduk dengan manis di meja makan, tapi mampu memecahkan masalah dengan brilian.

Enola adalah gambaran perempuan masa kini yang jauh dari standar sosial dan berani berbeda, namun ia tetap memiliki perhatian pada sekitar.

Hmmm … siapa yang membentuk kepribadian Enola? Tak lain dan tak bukan adalah ibunya. Perempuan pintar yang mengajarkan sang putri pentingnya membaca dan membuka mata. Termasuk pentingnya berani membela diri meski berjalan sendiri.

Kelak, Enola Holmes menjadi seorang detektif perempuan terkenal, yang jauh lebih cerdik daripada Sherlock Holmes. Keren, kan?

Jadi, masih berpikir bahwa perempuan tidak perlu pintar untuk menjadi seorang ibu?

Think again.

Love Life,
ReRe

Photo Credit: Netflix

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.