Hi, Self!


Hi, Self!

Knowing yourself is the beginning of everything.

Sudahkah kita mengenal dan selesai dengan diri sendiri?

Mengenal bukan hanya dari luar dan pantulan di cermin. Namun memahami hingga ke dalam untuk kemudian bisa jujur pada diri sendiri. Jujur dengan perasaan yang muncul.

Jika sedang marah ya hadapi saja kemarahan itu, jangan ditahan sebelum suatu hari nanti meledak tak terkendali. Jika harimu sedang biru, hadapi saja bak sedang menatap langit mendung. Nikmati kesedihan dan udara dingin yang menyapu wajah. Menangis bak rinai hujan jika perlu. Setelah itu tataplah pelangi yang muncul dan membawa beragam warna kemudian mulai lagi tersenyum.

Forgive but never forget. Maafkan, demi jiwa yang tenang tapi jangan lupakan untuk sebuah pelajaran. Bahwa hidup sejatinya penuh persoalan bukan bak dongeng indah di negeri khayalan. Simpan ceritanya di sudut hati tanpa butuh kunci. Hingga sewaktu-waktu bisa dibuka dan diingat kembali untuk menguatkan hati. I’ve been there, I’ve done that. Jangan gumun ya, self.

Setelah itu tanyakan diri sendiri, sudahkah kita selesai dengan diri ini? Setelah mampu memahami, apakah sudah selesai dengan tanda tanya dalam hati, dan selesai dengan semua hal yang menyakiti?

Tanda tanya harusnya berbalas jawab. Jika masih ada tanya, tanyakan lagi hingga menemukan titik akhir dan puas dengan jawaban itu. Semua hal yang menyakiti, sudahkah menemukan solusi? Jika belum, bersyukurlah masih bertemu dengan rasa sakit. Bukankah itu tanda kita masih manusia dan punya kehidupan? Karena tanpanya, kita pasti sudah tak bernyawa.

Meski tidak selalu bisa berdamai dengan diri sendiri, percayalah, jika menatap semua persoalan dengan tenang niscaya damai itu ada di hadapan. Tak perlu mengumbar kesakitan diri dengan balik menyakiti orang lain tanpa henti. Tak perlu meluahkan kekecewaan pada apa yang terjadi dengan menunjuk jari. Semua sejatinya kembali ke dalam diri sendiri.

Selamat berdamai dengan diri, selamat menyelesaikan masalah sendiri, selamat melupakan dendam, lalu memaafkan demi kedamaian diri. Jangan lupa setelah itu pat yourself in the back dan bilang, “Thank you, Self. I’ve done a great job with myself. I’m ready to spread kindness now. No more hatred, no more bitterness, and no more belittling others.”

Selamat menghadapi hari, semoga banyak cinta menaungi. Masalah? Jangan sembunyi, berdiri tegak, dan hadapi dengan berani.

Love Life, Rere

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.