Negosiasi


Negosiasi

Bulan suci ramadan sudah memasuki hari ke tujuh belas. Para perantau dibuat galau oleh pemerintah, karena dilarang mudik. Aku merasakannya.

Rasa galau juga menghampiri hati asisten rumah tangga yang bekerja denganku. Dia kekeh ingin mudik. Aku menyayangkan atas kegigihannya ingin mudik ditengah pandemi. Segala bujuk rayu serta info-info tentang berita terupdate juga tak menyurutkan niatnya.

Bukan hanya aku yang membujuk Sela. Suamiku pun ikut membujuk dia agar tak mudik. Karena kalau dia nekat mudik dan di tengah jalan disuruh kembali ke asal, kami tak dapat menerimanya kembali. Dia sudah keluar dari rumah ini, dan kita tak tahu apa dia membawa virus atau tidak.

“Jadi gimana, La?” tanyaku.

Dia membisu tak menjawab pertanyaanku. Hanya menunduk sambil memilin ujung jilbab. Aku menengok ke arah suamiku yang sedang bermain dengan kembar, lalu mengembuskan napas pelan.

“Begini aja, La. Jangan mudik dulu selama masih pandemi, dan sebagai gantinya … Ibu kasih bonus, THR dan gaji dikasih double. Biar kamu bisa transfer ke keluarga, jadi kamu tenang dan keluargamu juga tenang.”

“Nggeh, Bu. Aku mau. Emak sama Bapak di kampung juga melarang aku pulang kamping. Karena pintu desa ditutup semua,” tuturnya masih dengan wajah sedih serta mata berkaca-kaca.

Alhamdulillah. Negosiasi berjalan dengan lancar. Aku bisa bernapas lega. Sedih jika harus kehilangan asisten yang begitu bagus kinerjanya. Disamping itu, si kembar juga lengket banget sama Sela. Terima kasih Sela karena sudah mengikuti anjuran pemerintah.

#rumahmediagrup #tantanganmenulis #deesarahma #wcr #mudik

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.