The Journey (The Calling)


The Journey (The Calling)

“Yah, umroh yuk.”

“Nanti lah. Bukan sekarang.”

“When?”

“Tunggu panggilan.”

“Okay. Tapi panggilan juga mesti dijemput sepertinya.” Kataku dalam hati. Sedih, merana, karena begitu rindu melihat rumahNya kembali.

Kapan Kau akan memanggil kami ke rumahMu lagi, Ya Rabb? Tempat yang dulu begitu dekat denganku karena bisa setiap saat kudatangi tanpa berpikir atau pun ragu. Tiga belas tahun sudah berlalu sejak kali terakhir kali ku menyentuh batu hitam yang membuat perasaan haru biru.

Aku rindu.

Setiap pagi sejak keinginan itu begitu kuat muncul, kuputar siaran langsung ibadah dari Tanah Suci, streaming melalui internet. Setiap pagi tanpa jeda sambil berdoa dalam hati, memohon Ia memanggil kami kembali. Ku percaya bahwa kekuatan doa dan pengharapan akan membawaku kembali ke sana lagi. Entah kapan itu terjadi.

Hingga pada suatu hari, “Bunda, bagaimana caranya umrah? How do we do and proceed?”

Rasanya tak percaya dan hampir lompat kegirangan. Inikah “panggilan” itu Ya Rabb? Begitu cepatnya?

Malam itu juga seorang teman pemilik travel umrah kuhubungi. Darinya segala pertanyaan tentang ibadah ini kutanyakan tanpa ragu. Semua berlangsung begitu cepat hingga jadwal keberangkatan kami dapat.

Sebelum hari itu datang, setiap akhir minggu kami menghadiri semua kelas yang ada. Haus rasanya jiwa ini akan segala hal yang berkaitan dengan ibadah. Mata pun terbuka lebar akan banyak hal yang nyatanya ternyata selama ini tidak kuketahui. Belasan kali berumrah, dan sekali menunaikan ibadah Haji, rupanya bekalku belum cukup kala itu. Hanya sekedar pergi untuk melaksanakan kewajiban dan mengisi jiwa yang sempat kosong bahkan hilang.

Semua berawal di hari niat itu tersemat dalam hati dan menjaga laku diri, ujar sang Ustad yang membekali kami, para fakir ilmu ini. Semua berlaku hingga tiba kami berangkat untuk berserah diri. Semoga semua dapat dilalui, dengan ikhlas hati.

Jeddah … Makkah AlMukaromah.

Labbaik Allahumma Labbaik!

(Bersambung)

rumahmediagrup/rereynilda

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.