Harga Sebuah Harapan


Harga Sebuah Harapan

Sambil meneguk secangkir kopi hangat pagi ini, saya membuka memori yang muncul setiap hari di dinding sosial media pribadi. Salah satu cerita yang muncul adalah ketika 2 tahun lalu Lana memberanikan diri untuk ikut berkompetisi menjadi ketua kelas.

Ia menolak permintaan beberapa teman untuk mengajukan diri sebagai wakil. Katanya, “I want to try because I know I’m able to be the class monitor.” Saya mengagumi semangatnya. Saya menghargai keinginan dan harapannya.

Ketika kemudian jabatan ketua kelas diberikan kepada seorang temannya, ia sempat kecewa dan merasa gagal. Saya memeluknya dan berkata, hidup kadang memang tidak selalu mulus dan berhasil seperti apa yang kita mau, Nak.

Hidup juga berliku dan seringkali harus berhadapan dengan kegagalan. Namun harapan tidak boleh semu. Harapan harus selalu dipupuk kemudian dikejar dan diusahakan. Hidup itu sejatinya berisi mimpi dan harapan, Nak. Karena itu kita berani menjalani dan juga harus berani menghadapi kegagalannya.

Seperti saya yang memiliki harapan di setiap aksara yang saya goreskan. Inginnya, semua belajar dari kegagalan maupun keberhasilan yang saya buat selama di dunia. Harapannya, semua bisa mengambil intisari kehidupan yang coba saya bagikan, sebagai upaya meninggalkan jejak yang baik selama raga ini bernapas.

Menjadi pemilik sertifikat Harapan 1 di tantangan menulis kemarin dulu, adalah sebagian dari mimpi dan harapan pribadi. Meski menulis adalah cara saya berbagi dengan hati, namun harapan untuk menjadikannya lebih semoga bukan hanya mimpi di siang hari.

Jangan takut bermimpi dan menggantungkan harap tinggi. Asal ingat, selalu belajar, dan bekerja keras dengan hati. Niscaya hasilnya akan membuatmu bahagia tak terperi, walau kadang harus menangis kala harapan tak terpenuhi.

Maju terus, terus lah bermimpi. Asal jangan terlelap hingga pulas sepanjang hari. Karena masa depan akan datang pada mereka yang percaya dan berusaha keras mewujudkan indahnya mimpi. Disiplin, dan pantang menyerah … itu kunci.

Terima kasih Rumedia, penghargaan untuk sebuah harapan ini sangat berarti.

rumahmediagrup/rereynilda

2 thoughts on “Harga Sebuah Harapan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.