SANG JAGOAN


SANG JAGOAN

Saya memang hanya punya dua cita-cita saja sedari kecil. Keliling dunia, dan jadi cewek jagoan. Mungkin karena dulu selalu nonton serial kungfu Cina bersama Mama, yang 1 seri nya bisa berjumlah puluhan kaset video VHS jaman baheula.

Bayangan saya dulu, kalau bisa terbang sambil menendang lawan atau penjahat, pasti keren dan jagoan banget!

Akhirnya, mendaftar lah saya di beberapa kelas bela diri. Sewaktu duduk di bangku SD dulu saya berlatih Judo. Tidak bertahan lama karena setelah 3 bulan latihan, saya lalu jatuh sakit dan harus tinggal di rumah sakit hampir sebulan lamanya. Pupus sudah harapan saya membanting lawan dengan keras.

Menginjak bangku kuliah, saya bergabung dengan klub Pro Patria, yang tehnik dasarnya adalah perpaduan ilmu silat dan kungfu. Wah! Pas banget dengan cita-cita saya jadi cewek jagoan, nih!

Setelah mendaftar untuk bergabung, tiba lah hari saya dikukuhkan sebagai murid baru. Hari Minggu itu rencananya saya akan maju menerima sabuk putih sebagai perwakilan murid baru. Senang sekali rasanya ditunjuk maju mewakili teman-teman yang lain. Yayyy!!

Tapi memang apes nasib saya di dunia persilatan. Sehari sebelum pengukuhan, saya makan siang di kantin kampus. Seingat saya waktu itu saya makan rempeyek udang.

Ketika kembali ke kamar kos, muka saya membengkak sampai mata saya tertutup dan tidak bisa terbuka sama sekali. Kemudian saya mulai merasakan gatal di sekujur tubuh. Dari ujung kepala sampe ujung kaki! Panik sekali!

Ah! Rupanya alergi udang saya kumat!

Akhirnya, dengan bekal obat alergi dari Mama, saya minum sebutir untuk mengatasi rasa gatal. Berpikir bahwa reaksinya akan segera terasa, ternyata saya salah. Bengkak di wajah dan tubuh ternyata makin menjadi. Akhirnya butir kedua saya minum lagi, kemudian butir ketiga, dan seterusnya hingga total 9 butir obat saya minum hari itu. Kemudian saya pun tertidur dengan dada berdegup kencang sebagai efek obat alergi.

Jangan bayangkan saya bisa mengabari orang tua untuk berkeluh kesah, ya. Tahun itu gawai belum lagi dikenal. Saya harus berjalan menuju wartel untuk menelpon mereka yang tinggal di Jakarta. Kebetulan hari itu juga jadwal saya menelpon. Namun karena sakit, saya tidak bisa keluar kamar kos untuk menghubungi orang tua di rumah.

Sementara di Jakarta, Papa menunggu saya dengan khawatir. Karena anak perempuannya yang tinggal sendiri di Yogyakarta, tak juga menghubungi. Perasaannya tidak enak dan benar saja, saya tergeletak karena over dosis obat alergi malam itu. Tanpa ada seorang pun tahu.

Esok paginya saya terbangun dengan mata masih sedikit bengkak tapi sekujur badan sudah pulih. Segera saya ambil handuk kecil dan mengompres mata dengan air dingin. Alhamdulillah, wajah dan mata saya kembali normal. Saya jadi bisa berdiri mewakili teman-teman untuk menerima sabuk calon jagoan. Hahaha.

Sudah? Belummm.

Beberapa bulan berlatih di Pro Patria, saya kembali jatuh sakit. Kali ini saya mendadak demam dan kaki saya membengkak bak talas Bogor. Besar sekali. Akhirnya dengan berat hati, setelah menerima omelan Mama melalui telepon, saya kembali mengundurkan diri dan mengubur mimpi menjadi seorang jagoan.

Nasib.

Sekarang saya cukup jadi jagoan di rumah saja. Bukan dengan otot dan tendangan bak Ninja, tapi cukup dengan tatapan mata yang ternyata lebih mengintimidasi dan cepat melumpuhkan lawan bicara. Sesekali juga menggunakan teriakan ala Tarzan. Lumayan lah.

Bunda, do you know that when you are talking to someone, you eyes look so intimidating? Sometimes I thought you are angry at them.”

“Huh? I wasn’t angry. I just ask.”

“Yes, but the way you ask is so intimidating.”

Mungkin karena mata saya sering membeliak ketika bicara, ya? Maklum … kan jagoan.

rumahmediagrup/rereynilda

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.