PSLE – The Result … The Beginning


PSLE – The Result … The Beginning

Primary School Leaving Exam atau ujian akhir untuk murid Sekolah Dasar. Momok bagi sebagian murid dan orang tua di Singapura.

Saya? Santai saja. Hahaha. Saya bahkan tidak berusaha memaksa anak-anak untuk belajar di malam sebelum ujian berlangsung. Saya hanya berbicara pada mereka dari hati ke hati dan bilang, “This is your last chance. Whatever the result will be, you can not turn back the time and regret it afterwards. So, study hard and do your best because you are the one who know yourself. I can not help you, I will only pray for you. Understand? Now, do you think you need to study?”

Saya juga membiarkan anak-anak melakukan apa yang mereka suka selain belajar. Lara misalnya, menyelingi waktu belajarnya dengan menggambar. Lana menyelingi waktunya dengan menonton acara televisi. Bebas asal tahu batas. Walaupun gawai tetap saya sandera. Hahaha.

Bagaimana saya bisa begitu santai?

Dulu saya tidak begini. Saya, yang menghabiskan seluruh masa sekolah saya dengan predikat juara sejak Sekolah Dasar, sempat begitu keras mendidik anak-anak. Saya ingin mereka menjadi seperti saya. Menjadi juara di kelas. Menjadi kebanggaan orang tua seperti apa yang dirasakan oleh orang tua saya dulu.

Saya salah.

Anak-anak saya adalah manusia yang berbeda. Mereka bukan saya. Saya ingin mereka tumbuh sewajarnya. Melakukan kesalahan kemudian belajar darinya. Bukan melulu hidup mulus lantas menganggap hidup ini bak dongeng para ratu, yang mudah dan tanpa liku.

Belajar, Nak. Belajar untuk menghadapi hidup yang penuh onak, duri, liku, dan kerikil tajam. Walau kadang mungkin hanya bertemu dengan debu tebal yang cukup membuat kerongkongan bak tercekat. Belajar bukan karena akan menghadapi ujian. Namun belajar karena kita tahu, hidup sejatinya adalah ujian. Belajar bukan hanya ketika saat diuji. Belajar karena tahu bahwa hidup hanya akan berhasil dilewati oleh mereka yang lulus teruji.

Doa saya untuk Lana dan semua murid Sekolah Dasar di Singapura yang akan menerima hasil ujian akhirnya pagi ini. Berbanggalah dengan berapapun jumlah nilai yang kalian dapat. Jika hasilnya tidak memuaskan, berjanjilah untuk memperbaikinya di tahun mendatang. Jika hasilnya melebihi target pribadi jangan buru-buru bertepuk dada, karena tantangan sesungguhnya ada di tahun depan.

Selamat untukmu semua. Selamat menapaki awal jenjang baru dalam hidupmu sebagai murid sekolah menengah.

Nothing changes if nothing change.

rumahmediagrup/rereynilda

2 thoughts on “PSLE – The Result … The Beginning

  1. Kereeeen kakak Lana😘😘

    Terimakasih Mbak Rere. Sudah sangat menginspirasiku😍😍pelan-pelan aku sudah mulai belajar santai sejak 1 th lalu. Bener2 akunya yg belajar santai. Saat tyaga ujian semester 2 di kelas 1 dulu. Dan makin santai saat ujian tengah semester di kelas 2 Sept lalu.
    Ajaib!nilainya makin bagus😍😍

    Jadi aku.sudah niat untuk semakin menyantaikan diriku saat tyaga ujian semester 1 di kelas 2 ini.minggu depan.bismillah.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.