Being Strong


Being Strong

Nak, jadi perempuan itu mesti kuat. Jadi perempuan itu nggak bisa cuma sekedar cantik dan manis seperti boneka Barbie. Yang seperti itu sudah bejibun, Nak. Banyaaakkk dan mudah sekali ditemui.

Jadi perempuan itu tidak mudah, Nak. Karena kelak harus menjadi sekolah dan madrasah awal untuk semua buah hatinya kelak. Mengajarkan anak-anak mereka tata krama, perilaku, nilai kehidupan, moral, etika, baik buruk perbuatan, dan juga life skills.

Seorang perempuan butuh life skills yang mumpuni. Buat apa, Nak? Buat mempersiapkan diri ketika harus menjalani hidup sendiri. Karena jodoh dan mati semua rahasia Illahi, maka mempersiapkan diri adalah kunci. Jangan marah dan frustasi ketika Bunda mengajarkan beberapa keahlian untuk bekal hidup kalian, ya. Percayalah, kelak akan kalian pahami alasannya dan syukuri semua ilmunya.

Bangga rasanya melihatmu tumbuh dewasa menjadi remaja putri yang kuat dan tidak mudah mengeluh. Karena banyak mengeluh hanya akan menjadikan dirimu lemah dan semakin lemah. Hingga menjadi kuat bukanlah satu dari sekian banyak pilihan. Menjadi kuat adalah satu-satunya pilihan.

Jangan takut untuk menghadapi hidup ya, Nak. Berani dan miliki kepercayaan diri. Yakin saja, semua sudah pada porsinya masing-masing. Kewajiban kalian hanya berusaha sepenuh hati agar tidak membebani orang lain. Jika memungkinkan, justru meringankan beban sekitar.

Bagaimana caranya? Miliki banyak kepedulian dan kepekaan. Jika pun tidak bisa meringankan paling tidak punya lah empati yang tidak pernah habis tergerus dalam hati. Rajin-rajinlah mencoba berada di dalam sepatu orang lain. Rasakan apa yang mereka alami dan lalui setiap hari.

Be Kind. Everybody have their own struggles we know nothing about.

Jika semua ini sudah merasuk dalam diri, selamat menghadapi hidup yang berwarna warni. Memang tidak selalu cerah, kadang kelabu hingga gelap gulita. Namun percayalah, ketika kau kuat pasti ada jalan keluar dari setiap silang sengkarut dunia. Berani menghadapi, yakin, dan percaya selalu pada kemampuan diri.

I Love You, Baby Girl!

Much Love,

Reyn’s Drain

6 thoughts on “Being Strong

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.